Thursday, October 27, 2011

Pelaksanaan Assessment Test bagi Para Calon Mahasiswa/i STAN 2011 (2012)

Sedikit bercerita, untuk tahun 2011 ini STAN hanya membuka penerimaan D1 untuk spesialisasi Adm.Perpajakan dan Kepabean. Selain hanya membuka 2 spesialisasi tersebut, ujian saringan masuknya pun diperketat, yaitu terdiri dari tes tertulis, tes kesehatan,dan terakhir assessment test.


Mungkin yang masih asing adalah mengenai assessment test. Apa itu Assessment test?. Assessment test merupakan tahapan yang sangat penting. Assessment bisa menjadi suatu saringan yang baik, dan menemukan potensi-potensi dari calon-calon mahasiswa. Sehingga pada akhirnya, bisa mendidik mereka ke arah yang telah diprogramkan (dikutip dari situs BPPK).

Kegiatan assessment biasanya terdiri dari wawancara dan mengisi kuisioner. Kemudian dari Assessment test tersebut dapat diketahui kompetensi dan perilaku, karakter sasaran, dan kecenderungan perilaku dari seseorang.


Tes wawancara biasanya dimulai dari data diri, mengenai kepribadian, pengalaman organisasi/kerja, pengetahuan agama/kenegaraan, dll. Pertanyaan di wawancara akan diarahkan untuk mengecek kebenaran data pribadi kita. Jadi, jawablah wawancara dengan JUJUR, tepatnya JUJUR YANG BERSENI, pakai taktik dan strategi juga ;)


Kebetulan tadi malam ada seorang peserta USM STAN yang lolos ke tahap 3 USM STAN yang mengenal saya dari blog ini mengajak saya chat di FB untuk bercerita mengenai kegiatan assesment yang dia lakukan kemarin. Dari ceritanya, kegiatan tes assessment STAN kurang lebih seperti ini :
1. Isi quesioner
  • riwayat pendidikan formal, 
  • pengalaman pendidikan nonformal (komputer, b.inggris,dll) dan pengalaman organisasi
  • prestasi yang pernah diraih
  • kepribadian, dll.

2. Wawancara
Beberapa pertanyaan wawancara >>
  • Penguji : Kamu pernah menyontek ?
  • Penguji : Sudah punya pacar ?
  • Penguji : Teman kamu banyak yang nakal?. Banyak yang merokok dan minum alkohol?
  • Penguji : Kamu merokok tidak ?.
  • Penguji : Melihat teman-teman kamu yang merokok, apa tanggapanmu?. Apakah kamu sering/pernah mengingatkan teman kamu? 
( pertanyaan wawancaranya unyu-unyu ya? -.- )

Mohon maaf apabila info di atas kurang jelas karna saya belum banyak mencari info lebih dari peserta USM STAN yang mengikuti test assessment lainnya. Karena takut lupa, jadi saya posting saja sekarang, hehe.. jika ada info lebih lanjut akan saya update. Semoga bisa berguna (walau sedikit) bagi adik-adik yang ingin mengikuti USM STAN di tahun depan :)

Related Post:

2 komentar:

galihrakas said...

wah infonya berguna sekali bang oni, kalo ada update di update eaa :p

Roni Sihombing said...

Bng aku boleh nanya thu cara ngejawabnya gmn tu bang???