Friday, December 31, 2010

PENGENALAN KARAKTERISTIK SOAL USM STAN

BAB 1
PENGENALAN KARAKTERISTIK SOAl USM STAN

Soal USM STAN terdiri dari 2 tipe :
1. Tes Potensi Akademik
2. Bahasa Inggris
 

TPA meliputi :
Kemampuan verbal (sinonim, antonim, kosa kata, analogi, bacaan)
Kemampuan kuantitatif (matematika dasar)
Kemampuan logika (pengambilan kesimpulan, pemecahan masalah dengan kondisi bersyarat, pola angka, pola huruf, serta pola gambar)

Bahasa Inggris meliputi :
vocabulary
reading
written expression
structure
Kalau dulu (sebelum tahun 2009), ada Tes Pengetahuan Umum dan Bahasa Indonesia nya juga loh !..


 Bentuk Seleksi/Proses Penyaringan sesudah pelaksanaan USM STAN 
1.  Tahap I – Seleksi Nilai Mati
Jika Jawaban USM STAN kamu  terkena NILAI MATI, maka kamu langsung dinyatakan gugur tanpa         ada / masuk ke dalam proses penyaringan.
2. Tahap II – Seleksi dengan Penyaringan dari Peringkat Tertinggi Sesuai Daya Tampung. 
Jika jawaban USM STAN kamu lolos dari nilai mati, SELAMAT kamu lolos ke Tahap Seleksi II yaitu penyaringan. Bentuk penyaringan nya adalah mengurutkan dari peringkat score tertinggi dan di sesuaikan dengan daya tampung penerimaan yang dibutuhkan di STAN. Yang membuat STAN kian sulit dicapai adalah        banyaknya jumlah peminat STAN sedangkan daya tampung STAN hanya sedikit ( STAN masuk MURI pada tahu kan? )



Aturan Main Pengerjaan Soal USM STAN (simpel-nya) :
1. Jawaban benar bernilai 4 (empat); jawaban salah bernilai -1(minus satu); tidak menjawab bernilai 0 (nol).
2. Nilai mati berlaku pada setiap bagian soal. Anda memperoleh nilai mati jika pada salah satu dari dua bagian      soal jawaban benar yang Anda peroleh kurang dari 1/3 jumlah soal pada bagian.
3. 180 soal = 150 Menit

Penjelasan :
1.  Benar bernilai 4 (empat); jawaban salah bernilai -1(minus satu); tidak menjawab bernilai 0 (nol), kalau itu kalian semua pasti udah pada tahu kan?.
Jadi, dalam mengerjakan soal, gak usah takut salah. Benar +4, salah -1. Kamu ngasal 4 soal dan ternyata 1 benar dan 3 salah kamu akan tetap dapat 1 poin !! Jadi, JANGAN TAKUT UNTUK MENJAWAB !!!


2. Nilai mati adalah sepertiga dari soal yang kamu jawab harus benar dari keseluruhan jumlah soal.
contoh: soal tes potensi akademik jumlah soal 120 = maka kamu harus menjawab 40 (40 = 1/3 dari 120 soal) baru bisa lolos dari nilai mati. Jika soal bahasa inggris 60soal berarti minimal kamu harus menjawab 20soal (20 = 1/3 dari 60). nah setelah nilai mati bisa terlewati, silahkan agak santai mengerjakan soalnya

Contoh Nilai Mati :
Andai TPA kamu benar semua/120soal benar tetapi B.Inggris kamu hanya benar 19soal dari 60 soal, berarti kamu dinyatakan gugur gak peduli walau TPA kamu benar semua. Jadi, biar gak kena kutukan nilai mati JANGAN TAKUT dalam menjawab dan JANGAN KEASYIKAN ngerjain 1 bagian soal hingga kamu lupa dengan bagian soal yang lain.

Jika kamu tidak jeli, bisa-bisa cuma mengerjakan Tes potensi Akademik 100 % benar tapi yang bahasa inggris malah tidak di kerjakan yang artinya kamu mendapat nilai mati dalam USM STAN dan kamu telah kalah sebelum berperang. Jadi, diperlukan alokasi waktu dalam hal prioritas untuk mengerjakan soal-soal STAN, kerjakan dulu TPA yang mudah sehingga jumlahnya mencukupi nilai dari 1/3 kemudian langsung kerjakan bahasa inggris sehingga juga mencukup 1/3 dari jumlah. Jika kamu sudah yakin benar soal di TPA dan B.Inggris >1/3, maka barulah kamu jawab soal-soal yang lain, tentu saja dari yang termudah menurut kamu.


Pertanyaan :
Bagaimana jika soal B.inggris yang konon sangat mudah susah itu kita gak bisa dan gak yakin bisa mengerjakan dengan benar 1/3 soal ?



Jawaban :

JANGAN TAKUT UNTUK MENJAWAB !!!
Gunakan Insting kita !!!
Untuk soal B.Inggris yang banyak para peserta mendapat nilai mati, JANGAN TAKUT UNTUK MENJAWAB. Jawablah semua soal di B.Inggris, salah banyak itu tidak masalah yang penting benar kamu di atas 1/3 jumlah soal agar tidak mendapat nilai mati.

Di tempat Bimbel STAN dimana saya mengajar, setiap TO banyak sekali yang mendapat nilai mati di B.inggris. di minggu selanjutnya saat TO saya meyuruh para peserta agar mengisi semua soal B.inggris apa pun yang terjadi. Kemudian hasilnya peserta yang terkena nilai mati berkurang cukup signifikan J

Nb : saat memeriksa hasil TO mereka, saya juga tahu kalau mereka asal jawab karena soal yang mudah salah tapi justru soal yang susah malah benar, tapi yang penting mereka lolos dari nilai mati. hahaha....



3. Dalam waktu hanya 150 menit????! Apah????!!!! 150 menit???!!! (aku terkejut -_ - ) 
itu artinya 1 soal dijatah waktu tak lebih dari satu menit. Apakah mungkin?? Mungkin saja karena kata orang bijak impossible is nothing, tapi apakan semudah membalikan telapak kaki orang yang sedang berdiri??? -_-” tentu saja tidak.

Sebenarnya soal STAN itu emang sengaja dibuat banyak dan susah biar jadi hampir gak mungkin dikerjakan/dijawab semuanya. Oleh karena itulah siasat, teknik, rumus sangat diperlukan ( di BAB selanjutnya akan dijelaskan ).

Pertanyaan :
Trus kalo ada kemungkinan pasti ada cara, bagaimana caranya dalam 150 menit itu bisa mengerjakan 180 soal dengan baik atau setidaknya mendekati maksimal???

Cara nya begini :  ( Ini udah masuk ke tips n strategi loh !! )

1. Target
Target itu sesuatu yang ingin kita capai, target realistis itu penting, tapi apakah cuma sebatas realistis?. Misal suatu malam Anda targetkan buat belajar satu bab doank, ya mungkin itu akan relatif mudah tercapai, tapi apa yang terjadi setelah itu?? Anda mungkin akan bilang ”ah udah lumayan banyak ni belajarnya, tubuh kan juga butuh istirahat, saatnya nonton smack down :D” (sayang smack down uda gk ada lagi -_-). Tapi apa yang akan terjadi ketika anda targetkan hari ini belajar 4 bab??? Mungkin tidak tercapai dan pada pertengahan bab ke tiga mungkin anda tertidur karena lelah, tapi apa yang didapatkan lebih banyak kan??? (dan berdoa aja pas tertidur itu mimpi nglanjutin belajar sampai bab empat. Tapi target juga gak harus tinggi banget yang seakan-akan mustahil, misalnya dalam satu malam saya akan membangun seribu candi dalam 1 malam -.-. Pokoknya, ini relatif untuk setiap anak, karena hanya kamu yang tau batasmu, only you know ur limits..Untuk siswa-siswa pentry-out pemula biasanya targetnya ”cuma” lulus nilai mati, penting juga siih tapi jika Anda dapet nilai hidup pun belum menjamin Anda diterima kan?? So ubah target dari sekadar lolos nilai mati menjadi KERJAIN 180 SOAL DENGAN BETUL, maka anda akan terpacu untuk lebih cepat lagi dalam mengerjakan..

2. Analogi otak = tubuh
Otak itu sama dengan tubuh, kalo pemain sepak bola profesional pasti sebelum maen pemanasan dulu, beda dengan pemain amatiran yang begitu lihat bola langsung ngotot ngajak maen. Hehe.. kenapa pemanasan dulu?? Biar pas bertempur kita udah fit n siap buat pertempuran itu. Nah,, di soal STAN kan ga semuanya rata sulit kan??Ada sekitar 30an soal yang buat ngejawabnya ga pake otak (pake dengkul??),, itu lah soal-soal yang bisa dibuat pemanasan. Seperti sinonim, antonim, lawan kata, persamaan kata, barisan, itungan-itungan sederhana, dan lain2 (relatif), misal batasi untuk pemanasan itu 15 menit kerjakan sebanyak banyaknya soal-soal yang relatif mudah tersebut pertama setelah Anda menerima soal.Kalo saya dulu, saya bagi bagi gitu, jadi 30 menit awal saya pergunakan untuk mengerjakan soal-soal TKU sebanyak-banyaknya (dulu namanya TKU bukan TPA), trus di hitamkan, 60 menit berikutnya bahasa indonesia dan bahasa inggris, harus selesai (dulu masi ada BI), hitamkan, sisa waktu saya pake buat ngerjain TKU sisanya (jangan lupa dihitamkan -__-”)… ya tiap orang beda beda, mungkin kalo cocok bisa diterapkan kalo tidak cocok ya tidak usah diterapkan. Gampang kan??? Apa sih yang ga mungkin di bikini bottom??-_-””


3. Optimis
Ya optimis, jangan minder dengan banyaknya jumlah peserta n sejarah-sejarah mereka di SMA dapet rangking tinggi. kata temen saya ada 2 tipe anak yang diterima STAN, pertama anak pinter, kedua anak yang hoki pinter sekali.. Anda ga perlu menabrak dinding pembatas dan menjatuhkan diri dari tebing untuk menjadi jenis seperti halnya Patrick Star -_-

Keyakinan itu bukan terbentuk dari perkataan, tapi terbentuk dari hati, pikiran n mental, orang yang tanpa persiapan n usaha, walo ketika ditanya dia bilang ”yakin donk” tapi secara mental, keyakinan itu tidak akan terbentuk. seperti kata sun tzu, kenali lawanmu, kenali dirimu, seribu kali kita berperang seribu kali kita memeroleh kemenangan!! Kenali tipe tipe soal STAN secara cermat, n ketahui juga kelemahanmu dimana, misal Anda lemah bahasa inggris, maka anda bisa mengikuti les khusus TOEFL, untuk mengatasi kelemahan tersebut. Hilangkan semua hal yang membuat anda pesimis. Bila ada tipe soal yang ga bisa, maka pelajari sampai bisa, jangan sampai anda berangkat tes dengan perasaan ”wah moga-moga soal penalarannya ga keluar, kalo keluar bisa gaswaaat…”. jangan sampai itu terjadi. Bila sudah mengenal betul tipe soal STAN dan mengatasi kelemahan Anda, otomatis semakin cepat n cermat Anda dalam mengerjakan soal. Persiapkan semua dengan baik. Buat anda yakin, dengan terus meningkatkan kemampuan Anda, bahwa Anda bisa mengerjakan 180 soal dengan baik dan benar. Mental keyakinan itu penting banget, ketika anda lelah, stuck, atau kesulitan di tengah proses, maka mental anda lah yang menentukan.



4. Practice
Kata buku tulis SI*U: practice makes perfect, ya banyak banyaklah latihan, ikut try out dan lain lain untuk mengasah kemampuan anda, mengetahui kelemahan anda tentunya.. (dan jangan lupa, kalo try out jangan contekan, percuma itu kalo try out contekan, dari pada TO n contekan mending waktunya buat nonton mermaid man & barnacle boy dengan invinsible boot mobile nya aja -___-”)

Banyak banyaklah berlatih, dan tingkatkan level latihan dari waktu ke waktu
”seorang pelaut yang handal tidak terbentuk dari lautan yang tenang”. Intinya bagaimana kita bisa meng-efisienkan waktu: pertama buat target, kedua buat strategi ngerjain, optimis, n banyak-banyak latihan. Tulisan ini dibuat dalam rangka menaggapi pertanyaan dari adik2. Demikian tulisan ini, bila ga cocok ga usah diterapkan, maaf kalo ada kesalahan, hal itu memang disengaja. Hehehehehe....



jika artikel "PENGENALAN KARAKTERISTIK SOAL USM STAN" diatas bermanfaat, mohon share ke teman melalui tombol share yang terdapat di bawah artikel ini J

Related Post:

2 komentar:

Anonymous said...

hmm ka..
boleh minta tolong ga..
kaka alumni 39 kan ya??
nty kalo ada to lagi bisa ga kasi tau aku..
via sms...
085716617842 ini num aku ka...
tengs before..
:)

Muhammad Syaroni said...

oke :)... nant klo ad info2 sya sms qm. nama qm sapa y?