PEMBAHASAN TPA USM STAN 2010 VERSI III
TES POTENSI AKADEMIK
1. Jawaban: B Biaya tambahan
2. Jawaban: A tidak diwajibkan
3. Jawaban: C zat beracun
4. Jawaban: D berkenaan dengan laut
5. Jawaban: D ketidakmampuan untuk menulis
6. Jawaban: C puncak tertinggi
7. Jawaban: A terpandang
8. Jawaban: D tajam; tengik
9. Jawaban: B bingung
10. Jawaban: A gadai
Monday, June 28, 2010
KUNCI JAWABAN USM STAN 2010 VERSI 3
Label:
TIPS USM STAN,
USM STAN
Sunday, June 27, 2010
Download Kunci Jawaban SNMPTN 2010
Download Kunci Jawaban SNMPTN 2010
Cara mendownload
- Klik kode yang anda inginkan, tunggu beberapa saat
- Klik Download, anda akan dibawa ke halaman baru,
- lalu isikan kode yang diberikan lalu Klik lagi download
- Pilih, simpan di komputer atau Buka langsung
- Klik OK .
- Tunggu Komputer mendownload.
Tes Potensi Akademik (TPA)
Khusus soal TPA dikumpul kembali oleh panitia.
Khusus soal TPA dikumpul kembali oleh panitia.
KUNCI JAWABAN USM STAN 2010 VERSI 2
KUNCI JAWABAN USM STAN 2010
KODE: 2430106
No Kunci No Kunci No Kunci No Kunci No Kunci
1 C 41 B 81 C 121 B 151 C
2 C 42 D 82 D 122 A 152 C
3 A 43 B 83 C 123 C 153 D
4 D 44 A 84 A 124 B 154 C
5 B 45 A 85 C 125 C 155 A
6 D 46 D 86 A 126 A 156 D
7 B 47 B 87 A 127 A 157 D
8 C 48 C 88 A 128 C 158 C
9 A 49 D 89 B 129 B 159 B
10 C 50 B 90 C 130 D 160 A
11 A 51 B 91 D 131 A 161 B
12 D 52 A 92 B 132 C 162 A
13 B 53 A 93 C 133 B 163 A
14 A 54 A 94 A 134 B 164 C
15 C 55 B 95 A 135 A 165 C
KODE: 2430106
No Kunci No Kunci No Kunci No Kunci No Kunci
1 C 41 B 81 C 121 B 151 C
2 C 42 D 82 D 122 A 152 C
3 A 43 B 83 C 123 C 153 D
4 D 44 A 84 A 124 B 154 C
5 B 45 A 85 C 125 C 155 A
6 D 46 D 86 A 126 A 156 D
7 B 47 B 87 A 127 A 157 D
8 C 48 C 88 A 128 C 158 C
9 A 49 D 89 B 129 B 159 B
10 C 50 B 90 C 130 D 160 A
11 A 51 B 91 D 131 A 161 B
12 D 52 A 92 B 132 C 162 A
13 B 53 A 93 C 133 B 163 A
14 A 54 A 94 A 134 B 164 C
15 C 55 B 95 A 135 A 165 C
Label:
STAN,
TIPS USM STAN
KUNCI JAWABAN USM STAN 2010 VERSI 1
Bagi yang mendapat kode urutan soal sama, silahkan mencocokkan dgn jawaban berikut :
BAGIAN I (TPA)
Kosakata
1. B. biaya tambahan
2. C. masih dipertimbangkan
3. C. zat beracun
4. D. Berkenaan dengan Laut
5. D. ketidak mampuan untuk menulis
6. C. Puncak tertinggi
Sinonim
7. A. Terpandang
8. A. Pisah
9. D. Tajam
10. A. Gadai
11. C. Ketidakjelasan
BAGIAN I (TPA)
Kosakata
1. B. biaya tambahan
2. C. masih dipertimbangkan
3. C. zat beracun
4. D. Berkenaan dengan Laut
5. D. ketidak mampuan untuk menulis
6. C. Puncak tertinggi
Sinonim
7. A. Terpandang
8. A. Pisah
9. D. Tajam
10. A. Gadai
11. C. Ketidakjelasan
Label:
STAN,
TIPS USM STAN
CERITA PAJAK, BISAKAH MENYENANGKAN ??
Bila ada pertanyaan, senangkah membayar pajak? Pasti jawabannya tidak senang. Berarti tak seorangpun yang senang untuk membayar pajak. Apa benar demikian? Ya! Jadi, untuk apa membayar pajak? Kita membayar pajak karena ada undang-undang yang mengatur setiap orang wajib membayar pajak. Orang bijak sering berkata, hanya ada dua hal yang tidak bisa dihindari dalam sejarah hidup seorang manusia yaitu kematian dan pajak.
Bicara masalah kematian tidak perlu diulas lagi. Tapi bicara masalah pajak pasti menimbulkan pro-kontra dari kalangan akademik, apalagi dari kalangan praktisi dan pengusaha. Pajak merupakan berita tidak menyenangkan (bad news) bagi sebagian masyarakat. Karena memang tidak ada seorangpun yang mau membayar pajak. Tetapi pajak juga bisa menjadi berita menyenangkan (good news) kalau bicara masalah kemaslahatan manusia. Lalu sisi mana yang mau kita lihat?
Thursday, June 24, 2010
INSOMNIA TAK KUNJUNG HILANG
akgh !!.. w bner2 gk bs tdur !!. trnyata w emg mengalami insomnia !!, tiap mlem masa susah tdur mulu w >_<. pdhal kgk prnh tdur siang. pantes smangat w blajar menurun drastis, tiap mlem tdur cm bbrapa jam mulu w. skrg ud stngah 2 mlem pdhal w bsk kuliah jam stngah 8. ud dosen w galak lg.. masa rekor telat d kls w yg megang -,- .. ini kan bs mencoreng nama baik bokap n nyokap w. bokap dosen, nyokap guru, msa anak ny suka telat n gk msuk karna ksiangan -,-.. ud brusha tdur dgn push up dlu byar cpek, bkn ny ngantuk malah tambah melek nih mata. brusha ngitung domba, mlah jd laper -_-. oh, apa yg hrs qu lakukan byar bs tdur cpet?...
Tuesday, June 22, 2010
SUREM ! ! !
mlam ni w bner2 ngerasa hampa n jenuh. dr hbs mgrib ampe jam stngah mlem cm diem tanpa melakukan ssuatu. entah mengapa semangat w blajar btul2 ilang 1bulan ini. UTS kmaren aj kykny gak memuaskan (red-ancur). kayakny w bner2 pnen cepet2 lulus dr kampus ini. buru2 nikah skalian kalo perlu. he..he... tiap mlem w slalu brgadang dgn ditemani kopi merk kapal api. tapi gak tau jg brgadang bwat apa. pdahal bung rhoma udah berkata "brgadang jgn brgadang, bila tak ada artinyaaa", tp ttep aj w brgdang tanpa ada arti. huh, w merasa hdup w jenuh n membosankan. tiap hari yg w lakuin slalu sama (kost, kampus, warteg, mw jalan2 uang dr ortu bner2 pas2an bwat hdup doang). rasa ny w pengen triak yg kenceng mlem ini, tp takut digerebek warga, disangka kesurupan/kemalingan lg w ntar. huh.. sperti ny w harus menentukan kputusan dr skrg.
Monday, June 21, 2010
HASIL T.O STAN by KOMPAS ( FINISH ) Ranking Terbaru hasil TO 13-6-2010
Sunday, June 20, 2010
HASIL T.O STAN by KOMPAS ( SUSULAN )
No. Ujian | Nama Peserta | TPA | Bhs Inggris | TOTAL | KET | ||
Benar | Salah | Benar | Salah | NILAI | |||
2130352 | Agnes Wulandari | 39 | 17 | 24 | 8 | 227 | TL |
2130362 | Femmy Fahriani | 29 | 22 | 12 | 13 | 129 | TL |
2130372 | Tegar Prakasa | 46 | 31 | 30 | 19 | 254 | L |
2130357 | Nur Widya | 46 | 33 | 18 | 36 | 187 | TL |
2130347 | Ardhiana Fitriyanie | 68 | 31 | 22 | 32 | 297 | L |
2130377 | Andrew Patar | 48 | 19 | 28 | 14 | 271 | L |
2130346 | Lin Isnia Rini | 47 | 23 | 19 | 18 | 223 | TL |
2130378 | Irma Karlina | 36 | 30 | 14 | 22 | 148 | TL |
2130368 | Cakra Adhi Dewantoro | 30 | 34 | 10 | 20 | 106 | TL |
ADA YG ERROR PADA BLOG'QU
sabtu, 19 Juni, dari alat pencatat statistik pengunjung di blog w, terdeteksi bahwa blog w ud di buka 119 kali hari ini :). wah seneng jg ad bnyak yg buka blog w, pdhal ini blog buat pribadi doang sebenerny. tp, kok ad yg aneh y, msa dr 119X dibuka gk ad yg coment di posting, pas w tes, ternyata blog w gk bisa ditulisin coment :(. gk tau eror ny dmana, ud w coba2 utak-atik ttep aj blog w gk bs diberi coment :(.
help me.... help me....
ap yg salah????............
help me.... help me....
ap yg salah????............
Saturday, June 19, 2010
PERINGKAT TO USM STAN (sementara)
Thursday, June 17, 2010
SIASAT LULUS TEST B.INGGRIS USM STAN
BAB iV
Ringkasan, Teknik, dan Rumus Cepat Mengerjakan Soal USM STAN Kategori B.INGGTIS
SIASAT LULUS TEST B.INGGRIS USM STAN
Test Bahasa Inggris ( baca dgn seksama & perlahan )
Soal-soal bahasa Inggris STAN itu mirip dengan dengan SPMB, cuma lebih susah dikit. tapi kmren kan ud bnyak tes2an tuh (SIMAK, UMB, SNMPTN,dll), jd kalian juga pasti secara gak langsung ud semakin terlatih, apalagi yg ud ikut bimbel STAN. Test B.Inggris di USM STAN itu ada tentang paragraph, tenses, kata yang benar, penulisan baku dalam bahasa inggris, gerund, kata penghubung antar kalimat, dsb (tp yg pasti GRAMMAR pling bnyak). Sebenernya, B.inggris Grammar itu gk sesusah yg kalian bayangkan. Grammer itu kalian gak harus jago speaking/vocab. fuck about vocabulary !, grammer itu bs kita kuasai dgn rumus simpel n daya hapal sedikit.... ok, kita mulai ringkasan materi b.inggris yg sering kluar d USM STAN :
UNTUK SOAL FILL THE BLANK, GRAMMAR, N INCORRECT SENTENCES |
RUMUS BENTUK KATA DLM B.INGGRIS : (ntar apalin ciri2 dari dr ini )
1. Adjective (K.sifat) + Noun (K.benda) = beautiful picture
2. Verb (K.Kerja) + Adverb (K.keterangan) = work easily (bekerja dgn mudah) biasanya di akhir kalimat
3. Adverb (K.keterangan) + Verb (K.Kerja) = easily work (dgn mudah bekerja) biasanya di tengah kalimat
4. Verb (K.kerja) + Noun (K.benda) = Take a book
petunjuk Adjective (kta sifat) : petunjuk adverb (kta keterangan) :
- ful = careful ly = easily, correctly, etc
- l = physical
- ous = dangerous
- nt = different
- less = useless
- able = valuable
- ive = aggressive
- very, so = diikuti oleh adjective
kesimpulan : klian cm perlu ngapalin huruf2 d blkang ny aj, klo kalian nemu kata2 yg belakangnya -ful atau -ive itu berati kata tersebut termasuk k dalam kata sifat/adjective (bgtu jg dgn yg laen), mw kalian gk tau artiny gk terlalu jd masalah. Kemudian sesudah kata adj pasti ad kata benda/noun karna adjective selalu diikuti oleh noun (rumus 1). ngerti kan maksudnya??..
petunjuk Noun (kta benda) : petunjuk Verb (kta Kerja) :
- th = death -en = lessen, frigthen
- ment = infotainment en- = enjoy, enlarge
- ion = action -fy = beautify
- ness = happiness -ize = memorize
- dom = freedom
- ty = activity
- hood = childhood
- ance = -
- er = driver
- ist = pianist
- some/preposition = selalu diikuti oleh noun
contoh dlm soal (dikutip dr soal USM STAN ) :
* There is some ................ about his true identity.
a. doubtful
b. doubtless
c. doubt
d. doubtly
solusi : kata kunci ny adalah some, some slalu diikuti oleh Noun. Lalu skrg kita identifikasi dari pilihan tersebut manakah yg termasuk Noun (dgn meng petunjuk d atas). (a), belakangnya -ful berarti adj, (b) belakangnya less berarti adj, (d) belakangnya -ly berarti adverb. maka jwaban yg benar adalah C.
tanpa harus tahu vocab pun qta dpt dgn bnar mengisiny ^^
* you can easily ................. another paragraph. (kata kunci adl easily). ingat adverb+verb (rumus 3)
a. add ------> verb
b. additional ------> adj
c. additionally ------> adverb
d. additive -------> adj
UNTUK SOAL CONJUNCTION YG BERHUBUNGAN |
Neither ---------------> nor ---------> subjek kedua yg dipakai
Either ---------------> or ---------> subjek kedua yg dipakai
Both ---------------> and ---------> subjek ke- 1 yg dipakai
Not only --------------> but also ---------> subjek k-1 yg dipakai
*ingat, dlm 1 kalimat gak mungkin ada conjunction yg disebut di atas yg berdiri sendiri.
contoh dlm soal (dikutip dr soal USM STAN ) :
* Neither The Teachers nor Budi ........ ashamed being banned naked a few time ago.
(a) is (c) was
(b) are (d) were
solusi : ingat, neither n either memiliki kekarakteristik tersendiri, Subjek yg digunakan adalah subjek ke-2. jd kita liat subjek k-2 pd klimat, yaitu Budi. karna budi adalah 1 orang, maka kita menggunakan to/be untuk singular yaitu was (kata klimt d atas tentang masa lampau)
Conjunction :
- because ------> because + Subjek + Predikat
ex: I don't go to school because I am sick
- because of ----> because of + noun
ex : I don't go to school because of illness
-although -------> although + S + P (meskipun)
ex: although I was sick, I .........
- Inspite Of -------------> + Noun
- Despite ---------------> + Noun
ex: Inspite of/despite ilness, I ......
bedanya despite dan inspite of cuma inspite itu pake of, klo despite gak pke of. mudah tapi sering terlupakan. jgn ampe lupa ya, ini simpel tp beberapa X kluar di soal USM STAN.
USING A FEW & A LITTLE |
a few = count
a little = uncount
USING ORDINARY NUMBER |
- page five
- the fifth pages
(slaen 2 bentuk itu gk ad lagi, ingetin suka kluar d soal USM STAN)
TAG QUESTION |
Roni is handsome, isn't he?..
utk Tag Question, kalian hapalin aja bentuk tag question ny..
-klo verb = don't you? (bs pke does,did, tergantung situasi, ngerti kan maksudnya!)
-klo perfect = haven't you? (tobe bs berubah tergantung kondisi)
I am -------> aren't I
-------> am I not
******************************
AGREEMENT : |
hafalin aj bentuk agreementnya :
- so do I
- so am 1
- neither do 1 (neither+tobe/modals+subjek)
- I don't either (subjek+tobe/modals negatif+either)
( tobe/modals dpt beubah sesuai kondisi pd kalimat, yg penting kalian hapal bentuk ny)
SOAL CARI KATA YANG SALAH |
(pling susah d soal B.inggris STAN)
CARA/TAHAPAN MENGIDENTIFIKASI NYA :
1. cari subjek, klo subjek ny gk ad, iaud d situ terdapat kesalahannya. klo subjeknya betul. qta lanjutkan degn tahapan selanjutnya.
2. cari predikat
3. bandingkan tobe dengan Subjek & keterangan waktu pd klimat, apakah sudah sesuai
4. Lihat, apakah kata2 kerja d kalimat tersebut paralel.
klo di kalimat, terdapat 3 kata kerja, ke-3 kata kerja tersebut harus paralel.
ex: canceling, calling, and making, = itu paralel n benar
ex : to cancel, calling, and making = tidak paralel n salah
********************************************
sedikit tambahan deh tentang gerund, karna td ad yg sms saya minta penjelasan tentang gerund,
USING GERUND :
simpelnya, klo ada 2verb dalam 1 kalimat, maka verb yg kedua harus dibuat menjadi gerund/ing. tujuan dari gerund adalah utk me-NOUN-kan verb.
contoh : I will stop smoking tomorrow
karna ada 2 verb dlm kalimat, yaitu stop dan smoke, maka verb kedua harus qta buat menjadi gerund/ing. tujuanny adalah utk me-NOUN-kan verb tersebut. lihat rumus kata b.inggris di atas, VERB diikuti oleh NOUN (Verb+Noun). karna d contoh kalimat di atas Noun nya gak ada n yg ada malah 2 kata kerja yg berdampingan, maka kta kerja kedua harus qta ubah menjadi NOUN byar sesuai dgn rumus b.inggris Verb+Noun.........
JADI, simpelnya klo qm ngeliat ada 2 verb yang berdampingan dalam 1 kalimat, maka verb kedua qta gerund-in aja. Namun, gk semua kondisi jg sih, karna ada juga verb yang hatus diikuti oleh 'to', c(ontohnya want to eat). jadi untuk mengetahui verb2 ap aj yg diikuti oleh gerund n oleh 'to', kalian harus buka buku GRAMMAR/semacamnya n hapalin ver2 tersebut. tp kalian pd punya byangan kan verb ap aj yg pke gerund/to ????
***********************************
IDIOM yang harus diikuti oleh gerund (verb+ing) :
look forward to + verb+ing / gerund
object to
be accuctomed to
be opposed to
be used to
******************************
buat soal B.inggris yg ada teks cerita/paragrafnya, ingat, baca dulu soalny !. jgn memulai dengan membaca cerita/paragrafny. itu bs membuang2 waktu anda.
*********************************
PENGGUNAAN THE |
The digunakan sebagai determiner untuk benda yang sudah disebutkan sebelumnya, atau yang sudah sama-sama dipahami oleh pembicara dan lawan bicara, atau memang sudah menjadi pengetahuan umum.
* The boy in the corner is my friend. (Pembicara dan pendengar mengetahui anak lelaki yang mana yang dimaksud)
* The earth is round. (Sudah menjadi pengetahuan umum bumi mana yang dimaksud, karena memang yang namanya bumi itu ya hanya satu)
The digunakan sebagai determiner Uncountable noun jika pembicaraannya mengacu pada hal yang spesifik, tapi jika uncountable noun yang digunakan bersifat general maka the tidak digunakan.
* Sugar is sweet. ( general – semua gula)
* The sugar on the table is from Cuba. (spesifik- gula yang dimaksud adalah gula yang diatas meja)
The tidak digunakan sebagai determiner countable noun yang bersifat general.
* Oranges are green until they ripen. (semua jeruk)
* Athletes should follow a well-balanced diet. (semua atlit)
The tidak digunakan sebagai determiner proper noun kecuali ada beberapa orang atau benda yang memiliki nama sama dan pembicara mengacu spesifik pada salah satunya.
* There are three Susan Parkers in the telephone directory.
* The Susan Parker that I know lives on First Avenue. (mengacu pada Susan Parker yang tinggal di First Avenue)
The bisanya tidak digunakan sebagai determiner untuk kata-kata seperti breakfast, dinner, school, church, home,dan college kecuali untuk membatasi makna (spesifik).
* We ate breakfast this morning.
* We went to school yesterday.
* I am looking for the college we passed by yesterday. (spesifik pada kampus yang kita lewati kemarin)
Secara umum berikut ini aturan penggunaan the. Penting, pelajari!!!
USE THE WITH: |
* Oceans, rivers, seas, gulfs, plural lakes
The Red Sea, The Atlantic Ocean
* Mountains
The Rocky Mountains, The Andes
* Earth, moon
The earth, the moon
* Schools, colleges, universities when the phrase begins with school, etc
The University of Florida, the College of arts and Sciences
* ordinal numbers before nouns
the First World War, the third chapter
* wars (except world wars)
the Crimean War, the Korean War
* countries with more than one word (except Great Britain)
the United States
* historical documents
the Constitution, the Magna Carta
* Ethnic groups
the Indians, the Javanese
DON'T USE THE WITH:
* singular lakes
Lake Geneva, Lake Erie
* Mounts
Mount Merapi, Mount Merbabu
* Planets, constellations
Venus, Mars
* Schools, colleges, universities when the phrase begins with proper noun
Santa Fe Community College, Stetson University
* cardinal numbers after nouns
World War One, chapter three
* countries with one word
China, Venezuela, France
* continents
Europe, Africa, South America
* states
Florida, Ohio, California
* sports
baseball, basketball
* abstract nouns
freedom, happiness
* general areas of subject matter
mathematics, sociology
* holidays
Idul Fitri, Christmas
PERBEDAAN PENGGUNAAN A DAN AN |
A dan an keduanya sama-sama selalu terletak sebelum sebuah singular countable noun. Keduanya dapaat digunakan dalam general statement (pernyataan umum) atau digunakan untuk mengawali sebuah kata benda yang belum disebutkan sebelumnya.
Contoh :
A baseball is round. (general- means all baseball)
I saw a boy in the street. (We don’t know which boy.)
Perbedaannya an digunakan sebelum kata yang berawal dengan bunyi vokal. A digunakan sebelum kata yang berwal dengan bunyi konsonan.
Contoh :
A book
an apple
Beberapa kata kadang membingungkan karena tulisannya berbeda dengan pengucapannya.
Contoh :
A house ( mulai dengan suara konsonan)
An hour ( mulai dengan suara vokal)
A university ( mulai dengan suara konsonan)
An umbrella (mulai dengan suara vokal)
Beberapa kata berikut mulai dengan suara konsonan, sehingga harus selalu diikuti dengan a.
House : rumah
Uniform : seragam
Home : rumah
University : universitas
Heavy : berat
Universal : mendunia
Half : setengah
Union : kesatuan
Beberapa kata berikut mulai dengan suara vocal, sehingga harus selalu diikuti dengan an.
Uncle : paman
Umbrella : paying
Hour : jam
Heir : warisan
TIPS SOAL BACAAN / CERITA : |
Soal bacaan adalah tipe soal yang sebenarnya membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengerjaannya dan kemungkinan malah menghabiskan waktu,, so agar gak menghabiskan waktu:
- Baca soalnya dulu, kenapa? Karena apabila baca bacaannya dulu, makla ketika selesai baca soal, maka akan cenderung membaca bacaannya lagi dan itu merupakan pemborosan waktu (jadi kita membaca bacaan hanya untuk mencari jawaban, bukan memahami secara keseluruhan)
- Apabila jawaban yang diminta adalah ide pokok paragraph maka mau tak mau paragraph tersebut harus dibaca. Hampir semua paragraph mempunyai ide pokok yang letaknya di awal kalimat atau di akhir kalimat.
- Apabila pertanyaan tipenya 5W + 1H, maka yang diperlukan adalah mengetahui KEYWORD dari soal, kemudian mencarinya secara cepat di bacaan.
- Jadi intinya, baca soalnya dulu, baru cari jawaban di bacaan. (sebuah pola pikir yang terbalik dari orang kebanyakan)
JGN LUPA BELAJAR SOAL2 YANG RUTIN .....
sebagai penutup, SARAN aja!! Boleh ditiru boleh tidak, Untuk soal bhs inggris mungkin lebih baik 60 soal dijawab semua,jadi kalo kita jawab semua nanti paling tidak minimal benar 20 soal, hal ini untuk menghindari nilai mati, karena memang banyak yang tidak lulus karena terkena nilai mati bhs Inggris.
SEKIAN...............................
Kepuasan terletak pada usaha, bukan pada hasil. Berusaha dengan keras adalah kemenangan yang hakiki.
Label:
SNMPTN,
STAN,
TIPS USM STAN
Subscribe to:
Posts (Atom)