Friday, December 23, 2011

KASUS BLOGGER DI-REDIRECT KE RIPWAY.COM DAN CARA MENGATASINYA


Seminggu ini, blog saya terkena kesialan, atau bisa juga disebut terkena hacking terselubung. Siapapun yang membuk Blog saya terdirect ke ripway.com. Saya pun baru tahu jika blog saya terhacking ini dari seorang teman beberapa hari yang lalu. Akhirnya untuk mencoba memcari solusi atas kejadian ini, saya langsung berkonsultasi dengan mbah gugel yang sakti mandraguna. Dari hasil surfing ternyata kejadian yang saya alami ini telah banyak memakan para blogger yang lain, bahkan para pengguna facebook pun banyak yang terkena.

Sekarang sebelum kita membahas cara penanganannya, akan saya jelaskan sedikit prolog tentang RIPWAY.COM. Ripway.com sendiri sebenarnya adalah sebuah situs usaha hosting web.
Biasanya blog diredirect ke alamat semacam ini:
http://pagesinxt.com/?dn=h1.ripway.com&fp=UDHDJbDhygIKgkUmGy1UnnBh6iQJF4%2BHoaKou7e4CWjl3%2BPlMkVv%2B1hxRaHJ8jiPNZNv6Qnrzr%2Bb3fW4NI%2BAiQ%3D%3D&prvtof=aLQrPh77aCYbsjs2aZeR5dpBMu8XipymM8fCFwArfy4KkC9fTmtJ5O3KXLkwWQvAbNMQ3fpotGH55hp6l8xIYQ%3D%3D&poru=4neHAidVPQGkWzWiULJcKgTT3YbzciglAZIdVFDCkg0RCIpd5A2b9hmO1l6%2FcU48kO%2BLceR4ZH0pWGoe%2Fbyqb4McC%2F1Qz8w7%2B6yVDvf%2F9qM%3D&cifr=1&flrdr=yes&nxte=js

Redirect blog Blogger disebabkan oleh penggunaan widget/gadget yg mengandung javascript yg memberi perintah untuk mengarah ke salah satu url ripway.com. Dalam hal ini redirect dilakukan oleh http://pagesinxt.com. Perintah itu tentunya disebabkan oleh dua kemungkinan:
1. Pemilik blog yg memasukkan widget external tertentu ke dalam blog.
2. Ada pihak lain yg secara sengaja mengubah isi blog melalui hacking/hijacking.

Widget yang biasanya terserang penyakit ini adalah :
1. widget follower; dan
2. widget efek salju

Jika blog kalian mengalami kasus yg sama, silahkan simak solusi berikut:
Karena kasus redirect blogspot disebabkan oleh penggunaan widget external, maka ada dua kemungkinan solusi yg dapat digunakan:
1. Hapus/lepas gadget/widget yg akhir-akhir ini kamu pasang. Coba diingat-ingat gadget apa yg kamu pasang sebelum akhirnya blog diredirect ke ripway.com.
Dari page elements > Klik "edit" pada gadget tersebut > Lalu remove.
2. Jika kamu tidak mengingat gadget apa yg dipasang. Gunakan cara berikut:
a. Buka Edit HTML/Edit Template.
b. Klik/centang "expand widget templates". 
c. Cari (tekan Ctrl+F) ripway.com.
d.Jika ketemu itulah sumber masalahnya.
e. Perhatikan bagian script, hapus seluruh bagian script dari ripway.com.
Script dimulai dari tag <script dan diakhiri oleh /> atau </script>
Perhatikan contoh:
<script ......ripway.com.............. /> atau
<script>............ripway.com..........</script>
Hapus bagian seperti contoh di atas.
f. Setelah dihapus, save template.
g. Cek blog apakah masih mengalami redirect.

Jika ripway.com tidak ketemu ketika dicari di edit HTML, coba cari pagesinxt.com.
TAMBAHAN :
Pada kasus saya, setelah saya mengecek semua gadget yang ada di blog saya, namun saya tidak menemukan kata-kata ripway.com ataupun pagesinxt.com. Kemudian saya mencoba untuk membuka edit Template. Namun setiap saya mencoba/mengklik edit Template, blog saya langsung terdirect ke ripway.com juga. Jadi satu-satunya solusi yang saya pikirkan saat itu adalah saya harus mem-BLOKIR website ripway.com dari browser komputer saya ini terlebih dahulu.

untuk memblokir website, kita bisa menggunakan aplikasi pada browser mozilla firefox.
caranya instal add-ons mozilla firefox berikut https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/3145 biasanya jika anda mengunakan Antivirus Kaspersky untuk instalasi add-ons mozilla firefox akan selalu gagal anda bisa baca juga cara install add-ons mozilla firefox disini. Jika anda telah menginstal add-ons tersebut silahkan restart browser mozilla anda, kemudian klik pada menu Tools pilih add-ons pada add-ons pilih tab extensions klik pada Options BlockSite.
blocked Optimized Cara block situs dengan browser Mozilla FirefoxAkan muncul jendela baru kemudian silahkan anda klik tombol Add masukan URL situs yang ingin anda block dengan cara tambahkan tanda * (bintang) contoh : jika anda ingin block situs jejaring social seperti facebook URL :
http://*www.facebook.com*
Untuk situs tanpa menggunakan www URL-nya contoh :
http://*pornstar.com*
Untuk kasus saya http://pagesinxt.com
blocked2 Optimized Cara block situs dengan browser Mozilla FirefoxUntuk Password silahkan sebaiknya anda enable kan dan masukan password yang kira-kira mudah di ingat ini untuk menjaga agar sang pengguna tidak bisa masuk ke add-ons BlockSite option, lalu klik OK.

Setelah saya berhasil memblokir ripway.com, blog saya tidak terredirect ke ripway.com lagi, kemudian saya membuka edit HTML dan find ripway.com, menghapusnya dan save template. Langkah-langkah seperti yang telah saya ulas di atas. Sekarang, sembuh deh blog saya :)


Related Post:

7 komentar:

Farrel said...

thanks bro...blog saya kembali bisa di buka setelah kemaren terkena ripway.com....mantapppppp infonya....

Chumhienk™ said...

masbro ane dapat masalah yang hampir sama dengan mas syaroni... hanya saja bedanya yang hack blog ane bukan ripway.com tetapi www.software-plus.org... anu uda usaha buat ngembaliin blog ane tapi belum berhasil... mohon bantuannya..!!

Gamers said...

Sama ni dengan Chumhienk.
Blogku kena redirec www.software-plus.org
Ada solusi baru..?

Chumhienk™ said...

@gamers >> sejak kapan gan???
adminnya mana yah??? blm ada respon... ane benar2 butuh bntuan.... T_T

wisata pati said...

kk terima kasih ya atas bantuanya<>?<?<

bang roni said...

mohon maaf baru sempat menanggapi komentar teman2 sekarang. smoga blog teman2 sudah baik sekarang. jika belum baik, saya akan membantunya

Patar Lumbantoruan said...

Tq bro...template ane udah ga redirect lagi ke h1.ripway.com