Sunday, June 13, 2010

TIPS dan strategi MENGHADAPI USM STAN


BAB 1i
TIPS dan strategi MENGHADAPI
USM STAN

Sekedar berbagi Tips buat yang pengen banget masuk STAN.  Apa yg ditulis disini hanya sekedar berbagi berdasarkan pengalaman pribadi saat mengikuti USM STAN 2008, tidak ada maksud untuk menggurui, hanya berbagi untuk membantu memberi gambaran buat yg mau ikut USM STAN. Apabila tips ini cocok silakan bisa dicoba, kalo ga cocok dan punya cara sendiri ya silakan, karena biasanya setiap orang punya cara sendiri2.
Ok, langsung aja, Saya membagi menjadi 3 TIPS :
1.  TIPS PERSIAPAN
2.  TIPS BELAJAR
3.  TIPS MENGERJAKAN SOAL

**************
1. TIPS PERSIAPAN :
a. Pahami apa yang akan Anda hadapi
Sekedar mengingatkan, setiap paket soal USM STAN terdiri atas 180 soal : 120 soal Tes Pengetahuan Akademik (TPA) dan  60 soal bahasa Inggris. Waktu yang disediakan untuk tahun ini adalah 150 menit, artinya setiap soal harus diselesaikan dalam 50 detik. Perlu diingat pula bahwa jawaban benar bernilai 4, salah bernilai -1, dan soal yang tidak dijawab bernilai 0. kemudian juga terdapat jebakan nilai mati jika betul anda di TPA/B.inggris di bawah 1/3 dari total soal TPA/B.Inggris
PERTANYAAN :
Bagaimana caranya dalam 150 menit itu bisa mengerjakan 180 soal dengan baik atau setidaknya mendekati maksimal???
JAWABAN :
BACA BAB 1 HALAMAN 2 !!!! GAK NYIMAK YA !!!! >.< hahaha
Ehm,, oke, serius lagi sekarang ....
Jangan lupa bahwa jawaban akan dikoreksi dengan sistem komputerisasi. Jadi, siapkan segala hal yang siperlukan. Pensil 2B, penghapus, alas, dan perlengkapan lain yang mungkin dibutuhkan. Tahun lalu saya bahkan menggunakan meja gambar bergambar bintang terkenal “Dora the Explorer” sebagai alas (terpaksa karna disuruh nyokap bawa-.-). Selama tidak ada larangan, maka kembali ke hukum asal yaitu boleh.
Perlu diingat pula bahwa pada hari tes nanti Anda akan melihat ribuan peserta tes lainnya, Jangan merasa grogi melihat peserta lainnya karena bisa jadi mereka jauh lebih bodoh dari Anda ( pkokny biar qta gak ngerti, yg penting qta sok sombong aja, biar peserta yg laen jadi minder n frustasi  ). Yang jelas, tetaplah bersikap cool.

b. Persiapkan tubuh dan jiwa
Jaga kondisi tubuh dan jiwa agar tetap dalam kondisi baik. Sangat disayangkan jika pada saat tes berlangsung Anda tiba-tiba merasa tidak enak badan sehingga tidak bisa mengerjakan tes tersebut. Makan makanan sehat, istirahat cukup, dan jangan biarkan pikiran Anda larut dalam stress. Sebenarnya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari soal USM STAN. Bahkan bisa dibilang soal-soal USM STAN yang telah lewat adalah soal-soal yang paling cocok untuk refreshing dari SNMPTN dan UN yang telah Anda lewati. Bayangkan saja, setelah melewati SNMPTN dan UN yang notabene membutuhkan usaha dalam berpikir, dalam USM STAN kita hanya harus membiarkan logika dan imajinasi kita mengalir, persis seperti berbagai permainan kesukaan kita saat anak-anak. Setelah logika kita diperlemah oleh berbagai hal tidak penting yang memenuhi kepala kita selama ini, soal-soal USM STAN dapat membangkitkan kembali kekuatan logika kita.
Soal-soal USM STAN yang berbentuk hitungan biasanya hanya membutuhkan logika standar. Soal bahasa Indonesia biasanya hanya membutuhkan pemahaman atas kata baku, tanda baca, dan struktur kalimat. Soal bahasa Inggris yang biasanya agak sulit karena cakupannya yang cukup luas.
Jadi, nikmatilah setiap soal USM STAN yang akan Anda hadapi. Ingat, Anda sedang merefresh logika Anda.

c. Belajar dan berdoa
Tentu ini merupakan poin utama dari semua tips buatan manusia mana pun. Belajar secara maksimal (bedakan antara belajar secara maksimal dan belajar secara ngoyo) sambil terus berdoa dengan rasa takut dan harap. Doa di sini juga termasuk permohonan agar Alloh memberikan kesehatan tubuh dan jiwa seperti yang saya sebutkan dalam poin 2. Penjelasan tentang doa akan sangat panjang, sebaiknya pembaca mencari sendiri dari sumber-sumber yang terpercaya.


2. TIPS BELAJAR :
a. MEMPELAJARI BUKU SOAL-SOAL USM TAHUN-TAHUN SEBELUMNYA
Karena model-model soal USM STAN dari tahun ke tahun tidak jauh berbeda. Jadi belajarnya Focus aja ke buku soal2 USM STAN. Agak berbeda kalo kita ikut SNMPTN, kalo SNMPTN biasanya perlu banyak buku, seperti kimia, biologi, fisika, mat, b ind., b ing., dll. jadi, kalo USM STAN focus aja ke buku soal2 USM STAN dan buku2 yg ada hubungannya dgn materi USM. Ada baiknya kalo kalian punya buku kumpulan soal2 USM STAN sendiri.

b. MEMPERBANYAK LATIHAN SOAL-SOAL USM STAN
Ini akan membuat kita terbiasa dengan model-model soalnya, sehingga waktu mengerjakan ujian kita sudah terbiasa dengan model2 soal seperti itu. Kalo terbiasa mengerjakn soal2, kecepatan mengerjakan soal kita juga semakin bagus. Kecepatan mengerjakan soal dalam USM STAN sangat penting, karna waktu kita sangat terbatas, 180 soal dalam 120 menit, rata2nya 1 soal dikerjakan dalam waku 50 detik. Jadi, sering2 aja latihan soal2 STAN.

c. MENGADAKAN SIMULASI USM STAN
Yaitu mengerjakan soal USM dengan situasi seperti USM sungguhan dengan alokasi waktu 150 menit. Seperti melakukan try out, bisa melakukan try out sendiri ato ikut try out yg biasanya banyak diadakan oleh lembaga2 luar. Jangan lupa dilihat hasil try outnya, ini akan memberikan gambaran kepada kita sejauh mana kesiapan dan kemampuan kita untuk menghadapi USM STAN.

3. TIPS MENGERJAKAN SOAL :
“Inti dalam mengerjakan soal adalah CEPAT dan BENAR, caranya dengan MENDAHULUKAN MENGERJAKAN SOAL-SOAL YG MUDAH.”
Berikut tips saat mengerjakan soal :
a. Konsentrasi, usahakan sekali membaca soal langsung tahu maksud pertanyaannya
b. Kerjakan soal2 yang mudah dulu,
mulai mengerjakan TPA terlebih dahulu dgn yg paling mudah menurut anda. saat anda ud yakin/mengerjakan TPA 1/3 dr soal (sekitar 40-50saol), langsung ke bagian b.inggris, jgn keasyikan ngerjain TPA. bnyak yg TPA ny dpet poin besar bgt tp B.inggrisny nilai mati. saat ngerjain b.inggris, isi semua aj klo gk yakin, salah bnyak gk jd masalah yg penting btul di atas 1/3 .
c. Pengalaman, Banyak yang terjebak di soal2 yg sulit yg justru menghabiskan banyak waktu, Untuk soal2 yang sulit, lewati saja, kerjakan yang mudah dulu, karena bobot nilai soal mudah dan soal sulit sama saja, benar +4 dan salah -1 . Sebagai gambaran, Kalo kita habisin waktu buat ngerjain 1 soal sulit, yang sebenarnya bisa buat ngerjain 3 soal mudah, maka bisa dikatakan kita udah bikin kerugian. Ingat, waktu terbatas.
d. PENTING!! Perhatikan juga jumlah soal yang kita kerjakan pada tiap tipe soal, hal ini terkait dengan NILAI MATI. Aturan nilai mati adalah benar minimal 1/3 jumlah pada tiap tipe soal, jadi benar minimal adalah 40 soal pada TPA dan 20 soal pada bhs inggris, jika tak memenuhi itu maka otomatis gugur. Sebagai gambaran: TPA bener smua 120 soal, tapi B inggris cuma bener 19, ini berarti: walaupun jawaban yg benar banyak,ini tetep gugur di USM STAN karena nggak lulus nilai mati B inggris.
e. Dan jangan lupa manajemen waktu (bawa jam tangan), Gunakan waktu seefisien dan seefektif mungkin. waktunya sangat terbatas, 180 soal dalam 150 menit. jadi sangat diperlukan kecepatan dalam mengerjakan (kecepatan mengerjakan dapat dilatih dengan terbiasa mengerjakan soal).
f. TIPS INI OPTIONAL, Usahakan bisa selesai semua 180 soal (memang pada umumnya para peserta tidak bisa selesai), kalo saya dulu 180 soal saya jawab semua (walopun ada jawaban yg ngawuuuurrrr… hhe..) karena berdasarkan pengalaman saya “lebih baik dijawab daripada ga dijawab”, tapi ngawurnya ya jangan ngasal. Lumayan lho kalo ngawurnya bener ya dpt poin +4. Semakin banyak yg dijawab, semakin banyak peluang jawaban yang benar, dan kesempatan masuk STAN jg semakin terbuka, begitu kira2…
g. Oya, PENTING!! Jangan lupa pas melingkari jawaban di lembar jawaban sambil baca do’a (ex=basmalah), apalagi jawaban yg “ngawur”, insyaAllah ngawurnya bisa benar, hehe….



**************
TAMBAHAN:
**************
Tipe soal bahasa inggris adalah yang SULIT, model soal TOEFL. Pada tahun2 sebelumnya banyak yang gugur di USM STAN karena terkena nilai mati bhs inggris (sebagai salah satu perbandingannya: Hasil TO USM STAN by KOMPASS STAN menunjukkan, dari sekian banyak peserta yang tidak lulus, 91% diantaranya disebabkan karena terkena nilai mati bhs Inggris). Jadi untuk tipe soal B inggris perlu lebih ditekankan. Jadi, SARAN aja!! Boleh ditiru boleh tidak, Untuk soal bhs inggris mungkin lebih baik 60 soal dijawab semua,jadi kalo kita jawab semua nanti paling tidak minimal benar 20 soal, hal ini untuk menghindari nilai mati, karena memang banyak yang tidak lulus karena terkena nilai mati bhs Inggris.
**************
Buat soal bahasa indonesia n inggris yg ada teks cerita/paragrafnya, ingat, baca dulu soalny !. jgn memulai dengan membaca cerita/paragrafny. itu bs membuang2 waktu anda.
**************
Demikian, tips di atas hanya untuk berbagi dan memberi gambaran ttg USM STAN. Tips ini hanyalah bersifat subyektif dari saya sendiri, kalo cocok ya silakan, tapi kalo ga ya ga pa2. Karena cara orang yg satu dgn yg lain bisa berbeda2.
**************

INTINYA :
1.      Pelajari soal2 USM STAN tahun-tahun sebelumnya. Model2 soal USM dari tahun ke tahun biasanya gak jauh beda
2.      Pelajari materi2 yg ada hubungannya dengan soal2 USM. Ex: Buku Gramar bhs inggris, buku tes psikologi, dll.
3.      Perbanyak latihan. Semakin banyak latihan, semakin lancar mengerjakn soal.
intinya ya BBB = belajar, berdo'a, berusaha




jika artikel "PENGENALAN KARAKTERISTIK SOAL USM STAN" diatas bermanfaat, mohon share ke teman melalui tombol share yang terdapat di bawah artikel ini J





Related Post:

7 komentar:

Adelia said...

mengerjakan soal b.indo yg bnyk paragraf'a itu gmna tips'a??
bca soal'a dulu bru paragraf'a atau sebalik'a???
thnks b4

Muhammad Syaroni said...

klo soal b.indo yg cerita, jgn baca cerita/paragrafny dulu. itu bs membuang2 waktu qm. baca soal ny dulu baru kemudian baca teks paragrafny. karna dgn qm membaca soalny dulu, qm jd gk perlu baca paragrafny 2X. dan mungkin aj sebenerny pertnyaan d soal itu mudah seperti "siapakah yang bersalah?". pdhal itu ad di bagian awal teks cerita. andai qm baca soalny dulu, ngejawabny pasti jd lebih cepat. tunggu ya.. hari jumat malam/sabtu pagi akan saya berikan tips utk ngerjain b.inggris n b.indo sekalian dgn ringkasan materiny

muhammad syaroni said...

smoga bermanfaat artikel saya ini ^^

FAHMI_SGT said...

makasi tips nya sangat bermanfaat bmt saya..

Muhammad Syaroni said...

fahmi : sama2. senang bisa bermanfaat :)

Anonymous said...

Makasih ya bang buat infonya, sgt bermanfaat...

Muhammad Syaroni said...

senang tulisannya saya dapat bermanfaat :)